BERDAYA DENGAN WARUNG BERDAYA

SURABAYA – Kewirausahaan (enterpreneurship) memiliki peran yang baik dalam mengatasi pengangguran dan penanggulangan kemiskinan. Pilihan menjadi wirausahawan akan mengurangi angkatan kerja yang tidak terserap lapangan kerja yang tersedia. Bahkan, wirausahawan dapat menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat di sekeliling mereka.

Semangat memberdayakan menjadi prioritas Dompet Dhuafa Jatim dengan program-program ekonomi salah satunya program Warung Berdaya. Dengan mencetak wirausahawan baru, program Warung Berdaya diharapkan dapat mengurangi warga miskin.

Bertempat di Aula Kecamatan Kenjeran Surabaya, Dompet Dhuafa Jatim menggelar acara bertajuk Ngaji UKM bersama mitra Asosiasi UMKM Jatim Pengurus Daerah Surabaya. Bersamaan dengan acara ini, Dompet Dhuafa Jatim juga memulai program Warung Berdaya yang secara simbolis dimulai dengan penyerahan gerobak secara simbolis kepada penerima manfaat Warung Berdaya.

Dompet Dhuafa mengundang para penerima manfaat serta para pelaku UMKM yang tergabung dalam Asosiasi UMKM Jatim. Acara juga dihadiri oleh para perwakilan kecamatan Kenjeran. Sesuai dengan tajuk acara, Acara diselingi dengan tausiah oleh ust. Sholeh yang merupakan warga setempat mengenai sedekah dan manfaatnya.

Bapak Mitu selaku Kepala Seksi Perekonomian Kecamatan Kenjeran menyampaikan harapan agar para warga Kenjeran yang lain termotivasi untuk memiliki usaha UKM. Pak Mitu juga senang karena beberapa warganya banyak yang menjadi penerima manfaat program Warung Berdaya ini. Harapan baik juga disampaikan oleh Bapak Bagyo dari Asosiasi UMKM Jatim yang berharap para pelaku UKM dalam lebih kreatif dalam menciptakan produknya.

Ibu Rohani (37 th), salah satu penerima manfaat mengaku senang karena sebelumnya hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga sekarang bisa memperoleh penghasilan dan mendapat bantuan gerobak roti untuk usahanya. Selain Ibu Rohani, ada Ibu Rahmawati (35 th) yang juga memperoleh gerobak roti beserta hak untuk menjualkan produk pemberdayaan Dompet Dhuafa Jatim, Roti Suramadu.

Share This Post: