Presiden Jokowi meninjau Indonesia Humanitarian Alliance (IHA)-The Dreamers Medical Camps

Kepedulian bangsa Indonesia pada saudara-saudara pengungsi Rohingya tak lepas begitu saja. Walau terpisah jarak dan waktu, namun rasa kemanusiaan dan ingin membantu sesama adalah hal yang tercermin dari masyarakat Indonesia. Tak terkecuali Presiden RI, Joko Widodo yang ikut turun tangan dalam masalah para pengungsi Rohingya yang berada di COX Bazzar Bangladesh.

Minggu, 28 januari 2018, Presiden Jokowi meninjau Indonesia Humanitarian Alliance (IHA)-The Dreamers Medical Camps, yang merupakan salah satu fasilitas kesehatan hasil kerja sama pemerintah bersama-sama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), organisasi, serta masyarakat Indonesia.

Hal ini juga disampaikan oleh Presiden Jokowi terkait kesiapan pemerintah dan masyarakat Indonesia untuk terus membantu para pengungsi Rohingya yang berada di Bangladesh. "Sejak awal pemerintah kita selalu berkoordinasi mengenai kebutuhan di lapangan. Dan bantuan kemanusiaan ini akan kita berikan secara berkesinambungan," tutur Presiden Jokowi.

Tentunya bantuan kemanusiaan ini bukanlah ikhtiar satu pihak saja, melainkan dukungan dari banyak LSM, Organisasi Masyarakat, Kepedulian masyarakat Indonesia, media, dsb. Hal tersebut juga disampaikan oleh Presiden Jokowi "Saya juga ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak dari Indonesia, termasuk masyarakat, LSM kemanusiaan," ucap Presiden.

Disampaikan juga oleh Sabeth Abilawa @sabeth_abilawa, Direktur program Dompet Dhuafa yang saat ini telah berada dan meninjau program berkelanjutan Dompet Dhuafa bersama IHA di Cox Bazar Bangladesh.

"IHA dan Bantuan Pengungsi Rohingya Ini adalah model kolaborasi yang baik untuk bantuan kemanusiaan yang dilakukan antara Lembaga Lembaga Kemanusiaan, Pemerintah RI dan pemerintah setempat. DD berharap kolaborasi seperti ini makin menguatkan peran Indonesia dalam diplomasi kemanusiaan dan peran serta masyarakat Indonesia dalam membantu perdamaian dunia"

Share This Post: