Blusukan dari Desa Ke Desa, Untuk Hadirkan Sehat Milik Semua Di Madiun

MADIUN -- Kesehatan adalah sebuah keadaan sejahtera baik jasmani, rohani dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif, secara sosial dan ekonomi. Kesehatan merupakan kewajiban dan tanggung jawab setiap orang. Tujuan pembangunan di bidang kesehatan adalah tercapainya kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk, agar dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

Pada Jumat dan Sabtu 28 – 29 Juli 2017, Dompet Dhuafa menggelar pelayanan dan seminar kesehatan di Desa Rejosari dan Desa Kuncen, Madiun, Jawa Timur. Blusukan dari desa ke desa dengan memberikan pelayanan dan talkshow kesehatan, merupakan wujud menghadirkan sehat milik semua di kawasan Madiun.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah diadakannya Aksi Layanan Sehat (ALS) dan talkshow kesehatan dari Layanan Kesehatan Cuma-cuma (LKC) Dompet Dhuafa. Utamanya adalah memberikan kemudahan akses terhadap layanan kesehatan bagi dhuafa. Sehingga kebahagiaan atas nikmat sehat dapat dirasakan oleh mereka.

“Kesehatan adalah milik dari semua insan. Walau terkadang tidak semuanya dapat menikmati sehatnya dengan pelayanan yang baik dan cuma-cuma dari fasilitas pemerintah yang ada. Banyak kisah bila si miskin atau dhuafa sakit, tidak tertangani dengan sama. Padahal sehat adalah milik semua,” ungkap Imam Rulyawan, Direktur Utama Dompet Dhuafa Filantropi.

Dari semangat memberikan sehat untuk semua itulah, Dompet Duafa terus blusukan dari desa ke desa untuk menghadirkan akses dan layanan kesehatan bagi masyarakat semua. Tentu khususnya bagi mereka masyarakat miskin dan dhuafa, yang takut berobat lantaran biaya.

Aksi Layan sehat merupakan salah satu unit layanan luar gedung dari LKC Dompet Dhuafa yang memberikan pelayanan kesehatan dasar dan kesehatan lingkungan. Fokus kegiatan dilakukan di wilayah yang membutuhkan akses layanan dan banyak terdapat masyarakat tidak mampu. Aksi ini didukung oleh tim medis dan non medis, yang tentunya lengkap dengan peralatannya. Pelayanan yang diberikan antara lain pemeriksaan kesehatan dasar, pengobatan sesuai indikasi medis, screening kesehatan dasar sesuai indikasi, dan penyuluhan kesehatan masyarakat.

Hadirnya berbagai layanan kesehatan dari Dompet Dhuafa, termasuk rumah sakit dengan layanan prima dan paripurna, menjadi lini pelayanan kesehatan terbaik bagi Dhuafa. Layanan kesehatan dan rumah sakit menjadi langkah baru masyarakat dhuafa untuk meraih sehatnya, tanpa terkendala dana. Maka kali ini, berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Madiun, Dinas Kesehatan Madiun, Kodim Kabupaten Madiun, RRI, dan sejumlah pihak di kawasan Desa Rejosari dan Desa Kuncen, Dompet Dhuafa menghadirkan aksi tersebut.

“Insyaa Allah, atas kepercyaan dan amanah masyarakat, serta donatur, kami dapat terus memberikan kinerja yang nyata, dalam mentransformasi dana zakat, infak, sedekah, dan wakaf menjadi program-program pemberdayaan. Salah satunya adalah memberikan pelayanan kesehatan seperti yang dinikmati masyarakat Desa Rejosari dan Desa Kuncen, Madiun, kali ini. Tentu perjuangan ini adalah wujud semangat untuk mengubah mustahik menjadi muzaki, yang perlu kita upayakan bersama,” pungkas Imam. (Dompet Dhuafa/Taufan YN)

Share This Post: