Blog

Blog Page With Right Sidebar

Berawal dari Zakat, Petani Ini Penghasilanya Meningkat

Siapa sangka, nelayan kecil atau buruh nelayan di Desa Sumberwaru, Kec. Bayu Putih, Situbondo, kini bisa melakukan budidaya ikan kerapu. Sebelumnya seperti mustahil, karena budidaya ikan krapu di desa ini biasa dikelola oleh para pelaku bisnis dari masyarakat menengah ke atas.

Namun kini, para nelayan kecil di desa Sumberwaru bisa menjadi pengusahan ikan kerapu berkat bantuan dana dan pemberdayaan dari Dompet Dhuafa bersama dengan LSM Sambaco. "Alhamdulillah, bantuan Dompet Dhuafa tidak hanya memberikan dana. Mereka turut membantu hingga masyarakat berdaya secara mandiri", ujar Zainal, Koordinator program budidaya dari Ikan Kerapu ini.

Awalnya, budidaya ini dimulai dengan bibit ikan sebanyak 4000…

Read More

John dan Louise, Turis Prancis yang Korbankan Liburan Untuk Bantu Warga Gempa Lombok

Posko Utama Dompet Dhuafa di wilayah Tanjung, Lombok Utara mendapatkan udara baru setelah datangnya relawan asing asal Prancis. Dua wisatawan yang terpanggil jiwa kemanusiaanya untuk rela bertaruh di wilayah bencana paling rawan, Lombok Utara.

Sebelumnya, John dan Louise hanyalah wisatawan biasa yang ingin mencoba nuansa baru dalam berlibur, dengan mengunjungi negara tropis seperti Indonesia. Bahkan dua mingggu yang lalu, mereka masih asyik merayakan kemenangan negaranya menjuarai piala dunia 2018 di Kota Yogyakarta. Dua hari yang lalu, mereka masih berjemur santai di pantai Kuta Bali. Namun panggilan kemanusiaan bisa dihadirkan kapan saja kepada siapa saja, dan dimana saja.

Sebelum mengunjungi Bali,…

Read More

Duka Lombok Utara, Menjadi Korban Setelah Melindungi Cucu Tercinta

Namun, momen bahagia tersebut, sekejap buyar lantaran gempa bumi berkekuatan 7 Skala Richter mengguncang kawasan Lombok Utara, dan memakan banyak korban. Salah satunya adalah meluluh-lantakkan Dusun Beriri Jarak, Desa Sambi Bangkol, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara. Dimana desa berjarak sekitar 20 Kilometer dari Kota Kabupaten Lombok Utara tersebut adalah tempat tinggal dari Amak Sima, yang mana juga menjadi korban. Amak Sima mengalami luka-luka akibat tertimpa reruntuhan tembok rumahnya saat melindungi cucunya yang sedang tidur.

"Saya tak mengira akan ada peristiwa seperti ini. Awalnya juga menemani cucu tidur. Tapi waktu isya itu, tiba-tiba gempa datang dan, ya begini, kepala saya tertimpa…

Read More